1. Jelaskan konsep dan mekanisme gelombang yang di bangkitkan oleh angin termasuk faktor-faktor yang mempengaruhinya?

Jawab :

gelombang yang dibangkitkan oleh angin terbentuk karena angin di atas lautan mentransfer energinya ke perairan sehingga massa air laut naik turun secara terus menerus. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah kecepatan angin, panjang/jarak hembusan angin, waktu (lamanya) hembusan angin, geometri laut (topografi atau profil laut dan bentuk pantai)

  1. Perbedaan riak, ombak, dan gelombang?

Jawab :

    • Riak adalah gelombang yang berukuran kecil, tapi bisa membentuk gelombang yang besar
    • Ombak bersifat membawa, menghanyutkan, jadi jika ditaruh suatu benda, maka benda itu akan terbawa dan berpindah tempat sampai ombak itu pecah.
    • Gelombang  bersifat memutar, jadi jika ditaruh suatu benda diatasnya maka benda tersebut tidak berpindah tempat. Hanya saja naik dan turun ditempat.
  1. Jelaskan tentang gelombang pecah serta gambarkan spiling, plunging, dan surging.

Jawab :

gelombang yang menjalar dari laut dalam (deep water) menuju ke pantai akan mengalami perubahan bentuk karena adanya perubahan kedalaman laut. Apabila gelombang bergerak mendekati pantai, pergerakan gelombang di bagian bawah yang berbatasan dengan dasar laut akan melambat. Ini adalah akibat dari friksi/gesekan antara air dan dasar pantai. Sementara itu, bagian atas gelombang di permukaan air akan terus melaju. Semakin menuju ke pantai, puncak gelombang akan semakin tajam dan lembahnya akan semakin datar. Fenomena ini yang menyebabkan gelombang tersebut kemudian pecah.

  • Spilling biasanya terjadi apabila gelombang dengan kemiringan kecil menuju ke pantai yang datar (kemiringan kecil). Gelombang mulai pecah pada jarak yang cukup jauh dari pantai dan pecahnya terjadi berangsur-angsur
  • Plunging terjadi apabila kemiringan gelombang dan dasar bertambah , gelombang akan pecah dan puncak gelombang akan memutar dengan massa air pada puncak gelombang akan terjun ke depan
  • Surging terjadi pada pantai dengan kemiringan yang sangat besar seperti yang terjadi pada pantai berkarang. Daerah gelombang pecah sangat sempit, dan sebagian besar energi dipantulkan kembali ke laut dalam. Gelombang pecah tipe surging ini mirip dengan plunging, tetapi sebelum puncaknya terjun, dasar gelombang sudah pecah.
  1. Apa yang dimaksud dengan progressif wave dan standing wave?

Jawab:

Standing wave adalah peristiwa dimana gelombang mengalami refleksi gelombang karena adanya pantulan dari suatu benda sehingga menimbukan gaya resultan ke atas  terhadap gelombang tersebut .

Standing Waves

Progressive wave adalah gelombang yang bergerak karena adanya interaksi dari suatu dorongan baik itu arah angin maupun arus.

  1. perbedaan dan persamaan arus dan gelombang?

Jawab :

Persamaannya adalah sama-sama dibangkitkan oleh angin, kalau perbedaannya adalah gelombang hanya ada di permukaan laut saja, kalau arus ada di permukaan laut dan di dalam perairan laut.

Gilang Ardi Pratama            230210070056

Fauzan Maulana                   230210080032

ILMU KELAUTAN

UNIVERSITAS PADJADJARAN